Widget HTML Atas

Latihan Pergelangan Tangan untuk Badminton

latihan pergelangan tangan untuk badminton

Sebagai atlet bulutangkis, selain latihan fisik secara menyeluruh, ada bagian tubuh yang perlu dilatih secara serius agar kekuatan pukulan semakin kuat. Bagian tubuh itu adalah pergelangan tangan.

Kekuatan pergelangan tangan dalam permainan bulutangkis sangatlah penting, karena akan meningkatkan kualitas pukulan. Dan kekuatan pergelangan tangan itu tidak bisa didapatkan secara instan, harus dilatih secara rutin dan disiplin.

Ada banyak latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan pergelangan tangan. Namun untuk pemula, bisa memulai dengan tiga latihan berikut. Selain mudah dilakukan, alat yang digunakan pun terbilang hemat.

Latihan Pergelangan Tangan

Kita akan mencoba tiga latihan yang cukup mudah dan tidak terlalu berat untuk dilakukan oleh pemula.

Berikut penjelasannya.

1. Latihan dengan Botol

latihan pergelangan tangan untuk badminton

Alat pertama yang bisa kamu gunakan untuk menguatkan pergelangan tangan adalah botol. Yups, botol bekas yang tidak terpakai sebenarnya masih memiliki fungsi. Bisa botol bekas apa saja yang penting memiliki leher untuk pegangan.

Kamu cukup pegang bagian leher botol dan putar pergelangan tangan kamu kearah luar atau kearah dalam secara bergantian. Bisa mulai dengan bilangan kecil terlebih dahulu misal 10 putaran dan tingkatkan bilangannya jika sudah merasa lebih kuat.

Jika ingin menambah beban botol, bisa mulai mengisi botol dengan air, terus jika ingin lebih berat lagi, kamu bisa mengisinya dengan pasir.

Latihan dengan botol ini cukup efektif untuk meningkatkan kekuatan pergelangan tangan jika dilakukan secara rutin.

Biaya minimal, hasil maksimal.

2. Latihan dengan Raket Berat

latihan pergelangan tangan untuk badminton

Cara kedua untuk melatih kekuatan pergelangan tangan adalah dengan menggunakan raket yang lebih berat dari yang biasa digunakan untuk bertanding.

Cobalah ketika latihan, gunakan raket yang terbuat dari besi atau bisa menggunakan raket tenis. Kalau jaman dulu ada raket merek carlton yang terbuat dari besi, entah sekarang masih ada atau tidak.

Untuk pemula, sebaiknya berhati-hati jika ingin melakukan latihan ini. Karena jika peregelangan tangan belum terlalu kuat, bisa berakibat fatal seperti cedera pergelangan tangan.

Jadi dipertimbangkan dulu ya jika ingin melakukan latihan ini.

3. Latihan dengan Skipping

latihan pergelangan tangan untuk badminton

Terakhir, yang bisa kamu lakukan untuk melatih kekuatan pergelangan tangan adalah dengan latihan skipping.

Skipping ini sebenarnya latihan yang komplit, hampir semua bagian tubuh bisa terlatih sekaligus. Diantaranya kelincahan kaki, kekuatan fisik, dan kekuatan pergelangan tangan itu sendiri.

Karena latihan skipping ini sangat penting bagi atlet bulutangkis, maka harus dilakukan sesering mungkin.

Bagi pemula, bisa melakukan skipping secara pelan-pelan dan lompatan yang dilakukan cukup single step saja. Namun jika sudah mahir, silahkan lakukan secara cepat dan lompatan yang dilakukan bisa double step.

Itulah beberapa latihan pergelangan tangan untuk badminton. Jika kamu pernah melakukan latihan untuk kekuatan pergelangan tangan yang lain, komen ya.

Selamat berlatih.

Post a Comment for "Latihan Pergelangan Tangan untuk Badminton"