Widget HTML Atas

Latihan Mental dalam Olahraga Bulutangkis



latihan mental dalam olahraga bulutangkis

Seorang atlet bulutangkis selain harus hebat dalam hal teknis, mereka juga harus hebat dalam hal non teknis. Hal-hal teknis seperti smash yang keras, fisik yang kuat, pergelangan tangan yang kuat, footwork yang lincah dan hal-hal teknis lainnya.

Adapun hal non teknis yang harus dikuasai oleh para atlet bulutangkis diantaranya adalah mental yang kuat. Entah itu mental dalam berlatih ataupun dalam bertanding.

Latihan mental dalam olahraga bulutangkis sangat diperlukan karena akan berdampak pada performa atlet itu sendiri. Jika si atlet memiliki kemampuan teknis yang sangat hebat namun mental bertandingnya lemah, maka kemampuan teknisnya tidak akan ada gunanya. Dia akan kalah sebelum bertanding.

Oleh karena itu, latihan mental dalam olahraga bulutangkis harus benar-benar diperhatikan agar seimbang dengan kemampuan teknisnya.

Latihan Mental Bulutangkis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk latihan mental dalam olahraga bulutangkis. Berikut diantaranya.

1. Sparring Partner

latihan mental dalam olahraga bulutangkis

Ketika latihan di suatu klub atau latihan bersama orang umum, cobalah sesekali sparring partner dengan pemain yang lebih jago. Disitu mental kamu akan benar-benar terasah.

Kamu akan merasakan pengembalian bola yang sulit, smash yang keras, drive yang cepat, pukulan yang mengecoh dan pukulan-pukulan lainnya yang akan membuat kamu frustasi untuk mengembalikannya.

Cobalah bertahan sekuat yang kamu bisa, jangan menyerah, dan kamu akan merasakan hasilnya nanti ketika berhadapan dengan lawan yang seimbang. 

Selain mental yang terasah, teknik bermainmu pun akan semakin meningkat jika sering sparring partner dengan pemain yang lebih jago.

2. Dengarkan Kritik dan Saran dari Orang Lain

latihan mental dalam olahraga bulutangkis

Sebagai pemain muda yang memulai latihan bulutangkis dari usia dini, pasti akan melakukan banyak kesalahan. Kesalahan demi kesalahan akan terus datang, dan bersama itu akan datang pula kritik dan saran, baik disampaikan dengan bahasa yang baik ataupun kurang baik.

Disini mental kamu akan diuji, apakah kamu bisa menerima masukan tersebut atau malah lebih mengedepankan ego, merasa sudah hebat dan tidak mau menerima masukan.

Pemain muda memang penuh dengan semangat, namun semangat saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan mental yang kuat.

Disaat kamu sudah terbiasa menerima kritik dan saran dengan lapang dada, maka mental bertanding kamu akan semakin kuat.

3. Berlatih Mandiri

latihan mental dalam olahraga bulutangkis

Para atlet bulutangkis hebat dunia tidak hanya mengandalkan latihan di klub saja, namun mereka selalu latihan mandiri ketika tidak ada jadwal latihan. Entah itu latihan kecepatan, latihan kekuatan dan latihan-latihan lainnya, yang pasti mereka selalu menambah porsi latihan ketika tidak ada jadwal latihan.

Latihan mandiri ini tidak mudah, butuh mental yang kuat untuk mengalahkan rasa malas. Jika kamu bisa mengalahkan rasa malas untuk melakukan latihan mandiri, mental bertanding kamu bisa meningkat dan haus akan kemenangan.

Itulah beberapa latihan mental dalam olahraga bulutangkis yang bisa kamu coba. Tidak ada yang instan, semua butuh proses. Pastikan kamu tetap semangat dan pantang menyerah dalam melatih mental ini agar cita-citamu menjadi atlet dunia bisa tercapai.

Selamat berlatih.

Post a Comment for "Latihan Mental dalam Olahraga Bulutangkis"