Widget HTML Atas

Latihan Fisik Badminton di Rumah

latihan fisik badminton di rumah

Dalam setiap cabang olahraga pasti ada program latihan fisik, begitu juga pada olahraga bulutangkis, latihan fisik diperlukan untuk ketahanan dalam bertanding. Bayangkan, ketika ketahanan fisik seorang atlet bulutangkis itu lemah, maka akan mudah dikalahkan oleh lawan.

Oleh karena itu, sudah seharusnya seorang atlet bulutangkis memiliki program latihan fisik yang rutin, baik saat latihan di club ataupun saat berada di rumah.

Berikut beberapa latihan fisik yang bisa kamu lakukan saat berada di rumah.

Latihan Fisik Bulutangkis

1. Jogging

Daya tahan tubuh merupakan kunci utama dalam olahraga bulutangkis. Semakin kuat stamina kamu, semakin kuat juga kamu dalam membalas pukulan lawan sepanjang permainan tanpa kelelahan.

Untuk mencapai daya tubuh yang optimal, coba lakukan jogging 3 kali dalam seminggu selama kurang lebih 30 menit.

Kamu bisa lakukan jogging di jalan sekitar rumah atau di tempat olahraga umum ketika tidak ada jadwal latihan.

2. Skipping

Lompat tali (skipping) diperlukan untuk melatih kelincahan gerak kaki. Setidaknya lakukan skipping 10 menit setiap hari agar kaki kamu semakin lincah ketika bermain bulutangkis.

Skipping bisa dilakukan dihalaman rumah yang agak luas dan tidak ada bagian atap yang menghalangi.

Jika masih pemula dalam melakukan skipping, lakukan one step secara perlahan terlebih dahulu. Jika sudah mahir, maka kamu bisa lakukan double step dengan durasi yang cukup lama tanpa berhenti.

3. Standing Toe-up achilles stretch

latihan fisik badminton di rumah
source gymvisual.com
Untuk melakukan latihan ini coba kamu berdiri tegak, letakan salah satu kaki kamu di atas sebuah kotak atau tempat yang lebih tinggi dengan menekuk lutut. Taruh setengah bagian telapak kaki hingga ke jari. Selanjutnya condongkan badan ke depan. Lakukan gerakan naik-turun kaki selama beberapa kali sampai kaki terasa pegal.

Latihan ini dilakukan untuk kekuatan otot betis, lutut dan juga paha.

4. Forward Lunges

latihan fisik badminton di rumah
source dimeinjuryprevention.weebly.com
Latihan fisik dengan gerakan ini akan meregangkan otot pinggul dan otot hamstring kamu. Dengan memasukkan latihan fisik ini dalam olahraga bulutangkis bisa memperbaiki mobilitas kamu.

Sekarang, coba letakkan salah satu kaki kamu di bagian depan dan badan tetap tegak dan jaga kedua kaki posisinya tetap rata dengan lantai atau tanah.

Latihan ini bisa kamu lakukan di dalam ataupun di luar rumah.

5. Wrist rolls

latihan fisik badminton di rumah
source bodybuilding-wizard.com
Pergelangan tangan merupakan bagian tubuh yang sering terlibat dalam permainan bulutangkis. Jadi sebelum kamu bermain bulutangkis pastikan sudah memersiapkan pergelangan tangan ketika pemanasan. Wrist rolls bertindak baik sebagai pemanasan dan peregangan untuk pergelangan tangan. 

Caranya cukup dengan, kepalkan tangan dengan kencang lalu putar pergelangan tangan membuat lingkaran ke arah luar. Putar 10 kali, kemudian lakukan dengan berganti arah putaran.

Jika ingin menambah kekuatan pergelangan tangan, bisa dengan menambah beban ketika melakukan wrist rolls. Kekuatan pergelangan tangan akan membuat smash semakin keras.

6. Wrist flexor dan extensor

latihan fisik badminton di rumah
wrist flexor source study.com
latihan fisik badminton di rumah
wrist extensor source study.com
Masih dengan latihan pergelangan tangan, karena bagian ini sangat penting dalam permainan bulutangkis.

Untuk melakukannya, coba luruskan tangan kamu lebih menghadap ke bawah (untuk gerakan flexor). Arahkan jari kebawah dari telapak tangan dan untuk extensor arah kan jari ke atas.

Gambar yang atas adalah gerakan wrist flexor dan yang bawah adalah wrist extensor. 

7. Shadow badminton

Latihan bulutangkis yang satu ini berujuan agar kamu membayangkan seperti apa jalannya pertandingan, lengkap dengan gerakan berpindah-pindah yang sering dilakukan sepanjang permainan bulutangkis. Bedanya, kamu berlatih tanpa shuttlecock.

Untuk melakukan latihan ini, kamu membutuhkan teman latihan yang akan memberi tahu dari mana arah datangnya shuttlecock. Kamu harus mengayunkan raket seakan-akan sedang menangkis serangan lawan.

Teman latihan kamu akan memvariasikan "arah datang" shuttlecock untuk melatih ketangkasan dan kelincahan pergerakan kaki. Mulai dari memukul raket ke arah depan, belakang, tengah, dan seterusnya. Kamu harus mengikuti semua arah yang ditunjukkan oleh partner.

Itulah beberapa latihan fisik badminton yang bisa kamu lakukan di rumah ketika sedang tidak ada jadwal latihan di club.

Jadi, jika ingin menjadi atlet profesional, jangan cuma mengandalkan latihan di club saja ya. Ketika di rumah pun jika ada waktu luang tetap latihan dengan keras.

Kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

Selamat berlatih.

Post a Comment for "Latihan Fisik Badminton di Rumah"