Widget HTML Atas

Cara Berlatih Footwork yang Baik



cara berlatih footwork yang baik

Dalam olahraga bulutangkis para pemain pasti selalu bergerak terus menerus kemana arah datangnya shuttlecock. Tahukah kamu kalau langkah kaki ketika mengejar shuttlecock itu tidak boleh asal-asalan? Semua ada tekniknya, dan teknik langkah kaki dalam mengejar shuttlecock adalah footwork.

Jika footwork kamu kurang bagus, maka kualitas pukulan yang dihasilkan pun akan kurang bagus pula. Entah itu pukulan lob, pukulan smash, pukulan netting dan semua pukulan yang ada dalam permainan bulutangkis lainnya.

Oleh karena itu, kamu harus berlatih footwork dengan benar agar bisa menghasilkan kualitas pukulan yang bagus.

Latihan Footwork Bulutangkis

cara berlatih footwork yang baik
source id.victorsport.com
Berikut beberapa cara latihan footwork yang baik agar langkah kaki lebih efektif ketika bermain bulutangkis.

1. Persiapan

  1. Siapkan shuttlecock sebanyak 5 buah atau secukupnya.
  2. Simpan shuttlecock tersebut disetiap sudut lapangan atau sesuai dengan tanda panah pada gambar.
  3. Dalam latihan ini kita akan memindahkan shuttlecock dari satu sudut lapangan ke sudut lapangan lainnya, tapi lakukan dengan irama langkah yang benar.

2. Latihan

  1. Mulailah dengan berdirilah di tengah lapangan tepat seperti gambar diatas.
  2. Mulailah melangkah ke arah kanan atas sebanyak 2 langkah dengan kaki kiri melangkah terlebih dahulu (jika kamu memegang raket dengan tangan kanan). Usahakan dengan 2 langkah tersebut kamu sudah bisa mencapai pojok lapangan seperti tanda panah pada gambar.
  3. Setelah sampai sudut kanan atas, ambil 1 shuttlecock dengan tangan kanan dan pastikan posisi kaki kanan berada didepan.
  4. Setelah itu kembali ke tengah lapangan dengan 2 langkah mundur dengan kaki kiri terlebih dahulu sambil membawa 1 shuttlecock. Pastikan badan kamu tetap menghadap ke arah net, jangan sampai membelakangi net.
  5. Setelah sampai ditengah lapangan, kemudian melangkahlah ke arah kanan tengah sebanyak 2 langkah dengan kaki kiri lebih dulu dan pastikan kamu masih membawa shuttlecocknya.
  6. Setelah sampai dibagian kanan tengah, simpan shuttlecocknya dengan menggunakan tangan kanan. Pastikan ketika menaruhnya, posisi kaki kanan berada didepan.
  7. Kemudian kembali ke tengah lapangan dengan 2 langkah mundur dengan kaki kiri melangkah lebih dulu. Pastikan badan kamu tetap menghadap ke arah net, jangan sampai membelakangi net.
  8. Lakukan latihan nomor 2 sampai dengan nomor 7 berulang-ulang hingga shuttlecock yang ada di sudut kanan atas berpindah semua ke kanan tengah lapangan.
  9. Setelah kamu selesai memindahkan semua shuttlecock yang ada di sudut kanan atas ke kanan tengah, maka saatnya untuk memindahkan shuttlecock ke sudut lainnya sehingga semua sudut lapangan (sesuai dengan garis panah) sudah kamu lalui.

3. Perhatian

  1. Pastikan saat kamu melangkah, kaki kiri yang lebih dulu melangkan, baik itu melangkah maju atau melangkah mundur. Untuk yang kidal, lakukan dengan kaki kanan terlebih dahulu.
  2. Saat kamu mengambil atau menyimpan shuttlecock, pastikan lutut kamu ditekuk dan badan agak sedikit membungkuk.
  3. Ketika melangkah, lakukan dengan langkah yang lebar. Jika perlu sambil melompat.
  4. Pastikan ketika melangkah, kamu mendapatkan irama langkahnya.
  5. Jika kamu merasa lelah, istrahatlah dulu. Jangan terlalu dipaksakan, karena latihan ini perlu adaptasi hingga nanti kamu terbiasa.
  6. Ketika melangkah maju atau mundur, pastikan kamu selalu menghadap net, jangan sampai membelakangi net.
Itulah beberapa cara berlatih footwork yang baik untuk olahraga bulutangkis. Lakukan latihan ini secara rutin sampai kamu benar-benar menguasai footwork yang lincah dan cepat.

Selamat berlatih.

Post a Comment for "Cara Berlatih Footwork yang Baik"