Widget HTML Atas

Sejarah Singkat Berdirinya PBSI

sejarah berdirinya pbsi

Hai Badminton Lovers! Kali ini kita akan coba membahas tentang sejarah singkat berdirinya PBSI. Induk dari olahraga yang kita cintai ini.

Tanpa berlama-lama yuk langsung kita mulai.

Sejarah PBSI

Sejarah terbentuknya PBSI atau Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia dimulai sejak jaman penjajahan.

Pada jaman dulu, ada banyak perkumpulan bulutangkis yang bergerak sendiri-sendiri tanpa tujuan dan cita-cita. Keadaan itu berlangsung cukup lama dan tidak bisa dibiarkan terus menerus seperti itu.

Namun untuk menyatukan perkumpulan bulutangkis menjadi satu wadah organisasi tidaklah mudah, karena sulitnya komunikasi pada saat itu.

Setelah terbentuknya PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia), akhirnya perkumpulan bulutangkis yang ada dipulau jawa bisa dikumpulkan menjadi satu, namun belum semuanya.

Setelah itu, Soedirman Cs melakukan usaha untuk bisa menyatukan semua perkumpulan bulutangkis yang ada di Indonesia.

Dengan melalui perantara surat yang intinya mengajak mereka untuk mendirikan organisasi PBSI, akhirnya Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia dibentuk pada tanggal 5 Mei 1951 di Bandung.

Pertemuan tersebut juga sekaligus dicatat sebagai kongres PBSI yang pertama.

Kongres tersebut melahirkan kepengurusan PBSI sebagai berikut:
  • Ketua umum : A. Rochdi Partaatmadja
  • Ketua I : Soedirman
  • Ketua II : Tri Tjondrokoesoemo
  • Sekretaris I : Amir
  • Sekretaris II : E. Soemantri
  • Bendahara I : Rachim
  • Bendahara II : Liem Soei Liong
Setelah ada kepengurusan tingkat pusat, maka kepengurusan tingkat daerah/provinsi berubah menjadi Pengurus Daerah (Pengda) dan untuk tingkat kotamadya/kabupaten menjadi Pengurus Cabang (Pengcab).

Hingga akhir Agustus 1977, ada sekitar 26 Pengda di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi Timor Timur) dan ada sekitar 224 Pengcab, sedangkan jumlah perkumpulan yang menjadi anggota PBSI diperkirakan berjumlah 2000 perkumpulan.

Itulah sekilas tentang sejarah organisasi PBSI.

Mari kita terus dukung dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dan jika ingin mengkritik, kritiklah dengan kritik yang membangun, jangan menjatuhkan. OK

Salam Badminton Lovers!
Baca juga: Sejarah Raket Bulutangkis

Post a Comment for "Sejarah Singkat Berdirinya PBSI"