Widget HTML Atas

Tips Latihan Bulutangkis Untuk Pemula



latihan bulutangkis untuk pemula

Para pemain bulutangkis dunia pasti pernah merasakan jadi pemula. Tidak mungkin kan mereka langsung tiba-tiba jago dari lahir. Ya kali mereka brojol langsung jadi atlet top dunia, wkwk.

Program latihan bulutangkis untuk pemula yang mereka lakukan biasanya dimulai sejak usia sangat dini. Ada yang mulai latihan dari usia 3 tahun, 4 tahun atau 5 tahun. Kalau saya dulu latihan dari usia 6 tahun, meskipun gak jadi atlet dunia, tapi pernah lah juara di tingkat desa, wkwk.

Program latihan bulutangkis pada usia dini sangat penting, karena akan menentukan tingkat permainan kedepannya seperti apa. Program latihan harian bulutangkis pada usia dini juga tidak bisa asal, harus serius dari sejak awal. Ketika sudah terbiasa serius dari awal, biasanya kedepannya juga latihannya serius, tidak banyak main-main.

Pelatihan bulutangkis untuk usia dini pastinya tidak sama dengan yang sudah profesional. Untuk metode latihan bulutangkis usia dini dimulai dari teknik dasar. Mulai cara memegang raket, langkah kaki (footwork), posisi badan saat memukul shuttlecock dan lain sebagainya.

Latihan dasar bulutangkis untuk usia dini bisa dimulai dengan porsi latihan yang sedikit, jangan langsung dikasih porsi berat, nanti anak-anaknya pada kapok, wkwk.

Contoh Program Latihan Bulutangkis

Dalam bermain bulutangkis ada banyak teknik yang harus dikuasai. Sebelum kita bisa melakukan smash dengan keras, footwork yang lincah, placing yang mengecoh, ada baiknya kita mulai dari yang paling sederhana, apa itu?

Yuk disimak.

1. Cara Memegang Raket

Teknik awal yang wajib dikuasai oleh pemula jika ingin bermain badminton dengan baik adalah teknik memegang raket. Memegang raket, merupakan teknik dasar latihan bulutangkis.

Memegang raket tidak boleh asal pegang. Karena ini sangat berpengaruh ke power pukulan. Jika pegangan raket tidak benar, power pukulan akan lemah, baik saat memukul forehand ataupun saat memukul backhand.

Teknik memegang raket ada 2, teknik memegang raket forehand dan teknik memegang raket backhand. Teknik dasar ini benar-benar harus dikuasai terlebih dahulu. Jika teknik pegangan sudah benar, baru bisa lanjut ke teknik selanjutnya.

latihan bulutangkis untuk pemula

latihan bulutangkis untuk pemula

Gambar diatas memperlihatkan bagaimana cara memegang raket yang benar. Jika cara memegang raket sudah benar bisa di coba untuk memukul shuttlecock.

Ada beberapa jenis pukulan dalam permainan badminton. Ada service, lob, dropshot, netting, drive dan smash. Masing-masing jenis pukulan bisa menggunakan teknik memegang raket forehand ataupun backhand tergantung posisi shuttlecock berada dimana.

2. Sikap dan Posisi Badan

latihan bulutangkis untuk pemula

Ada beberapa sikap dan posisi badan yang harus dikuasai dalam bermain badminton. Diantaranya:
  • Posisikan badan bertumpu pada kedua kaki kanan dan kiri (hal ini berlaku pada saat menyerang ataupun bertahan).
  • Tekuk atau bengkokkan kedua lutut, selanjutnya berdiri dengan ujung kaki hingga pinggang berada pada posisi tegak.
  • Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi sejajar atau salah satu kaki berada di depan.
  • Salah satu lengan siku yang tidak memegang raket berada di samping badan, agar tangan lainnya yang memegang raket bebas bergerak.

3. Latihan Footwork Bulutangkis

latihan bulutangkis untuk pemula

Teknik langkah kaki dalam bermain bulutangkis tidak bisa sembarangan, karena akan berpengaruh pada kualitas pukulan yang dihasilkan. Selain kualitas pukulan, kecepatan juga terganggu jika langkah kaki yang kita lakukan salah.

Langkah kaki yang benar dalam bermain bulutangkis adalah apabila kita bermain dengan tangan kakan, maka kaki yang berada didepan ketika mengambil shuttlecock adalah kaki kanan. Begitu juga sebaliknya, jika kita bermain dengan tangan kiri, maka kaki yang berada didepan saat mengambil shuttlecock adalah kaki kiri.

Jadwal Program Latihan Bulutangkis

Teknik-teknik yang kita bahas diatas adalah dasar dalam bermain bulutangkis. Apabila dasar sudah dikuasai, maka bisa melakukan latihan level selanjutnya. Tapi apabila teknik dasar diatas belum dikuasai dengan baik, maka ada baiknya latihan dulu teknik dasar tersebut sampai benar-benar menguasai. Supaya ketika melakukan latihan tingkat lanjut akan bisa mengikuti dengan mudah.

Progam latihan bulutangkis tingkat lanjut meliputi latihan fisik, latihan kekuatan, latihan beban dan sebagainya. Sedangkan program latihan bulutangkis untuk pemula, bisa dicoba dulu ketiga teknik diatas.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Apabila ada yang mau ditanyakan bisa kita bahas di kolom komentar.

Post a Comment for "Tips Latihan Bulutangkis Untuk Pemula"